Smartphone

image

Tahukah kamu apa itu smartphone?
Alat yang tidak hanya dipakai untuk menelepon
Tapi juga bisa digunakan untuk mencari resep klepon

Anak kecil asyik main game dengannya
Orang dewasa tak pernah lupa memegangnya
Seakan akan tak bisa hidup tanpanya

Smartphone…
Kamu sebenarnya bermanfaat
Tapi sering membuatku lalai waktu yang singkat

Teman…
Gunakan smartphone seperlunya
Jangan kau buang waktu dengannya

Jika tidak…
Kau akan rugi di dunia
Dan juga rugi di akhirat sana

*#*#*

Itu puisi buat tugas sekolah Fathimah. Sebelumnya Fathimah juga dapat tugas membuat lanjutan puisi tentang listrik yang padam sehingga tidak bisa nonton tv.
Ini lanjutan puisi nya…

Tapi… Akhirnya aku bisa menikmati
Suasana saat listrik mati
Bercanda dengan keluarga ku sendiri
Tanpa diganggu acara televisi

Kata Fathimah, bu guru bilang puisi nya beda dengan yang lain. Lho, kenapa beda thim?
Yang lain puisi nya bernuansa sedih, karena ga bisa lagi menikmati televisi ketika lampu mati. Adapun puisi Fathimah bernuansa gembira. Hehehe…

Alhamdulillah, dari awal kami berdua mengayuh biduk ini, kami telah komitmen untuk tidak menikmati acara tv. Karena memang tidak pantas dinikmati.
Bagaimana mungkin kami rela rumah kami dipenuhi musik dan nyanyian, yang merupakan senandung setan?
Bagaimana bisa kami bersedia anak anak kami tercinta dipenuhi pikirannya dengan tayangan tayangan penuh sandiwara?
Dan bagaimana aku merasa senang ketika perhatian anak dan istriku beralih pada media itu, di saat seharusnya kami berbagi cerita mengisi aktivitas di rumah yang indah?

Semoga Allah Rabbul alamin menjaga kami semua dari segala keburukan, dan memudahkan kami untuk senantiasa berada di atas ketaatan. Amin.

Menunggu pulang sore.
28/3/16

Sedekap Terbalik

image

Alhamdulillah Fahita tumbuh sehat, kakak dan abang nya sayang sama Fahita. Usia 1 tahun mulai bisa jalan dan selalu senang kalau merasa mau diajak jalan keluar, misal pakai kerudung atau sepatu.
Kalau sudah begitu ga mau masuk rumah lagi.
Beberapa hari ini mulai ikut gerakan shalat, tapi sedekap nya terbalik, tangan kiri di depan.
Oiya, kemarin pas ada mbah uti dan mbah kakung Fahita senang banget kalau mbah kakung berubah jadi rebana… Dung tek tek dung, dung tek tek dung… Langsung deh kepala dan badan goyang goyang…
Nah sekarang pas sedekap juga ga lupa goyang goyang kepala.
Banyak cerita dari Fahita, insyaAllah nanti ditulis lagi…

Menunggu pulang kantor, 18/3/16.

Khitan Dadakan

image

Masa liburan sekolah banyak diadakan sunat massal. Dulu Naufal juga ikut sunat massal pas seumur Dihya sekarang. Makanya Dihya dibujuk biar mau sunat, eh anaknya belum pengen.

Pagi itu 24 Desember 2015 ayah libur, cuti bersama.
Iseng iseng dibujuk lagi, mau ga dihya sunat? Eh ternyata mau dan langsung ngajak harus sekarang sunat nya.
Hmm… Serius kamu? Tau kan sunat itu diapain?
Coba sana ajak teman kamu, mau ga sunat sekalian.
Langsung deh Dihya nyamperin Hanif…
Hanif… Sunat yuk!
Yaaa… Ga mau Hanif nya.
Ayo ayah, sunat sekarang….
Waduh, serius nih.
Ya udah, ayah telepon dulu ke klinik, ada ga dokter nya.
Waktu itu, sekitar jam 10. Ternyata dokter ada dan disarankan sekarang aja kalau mau. Wah, pas nih.

Ya udah yuk, berangkat.
Tapi pakai mobil Hanif… Dihya mintanya gitu…
Nanti aja pakai mobilnya pas sudah selesai sunat. Beberapa saat tetap maksa harus berangkat pakai mobil, tapi akhirnya mau juga naik motor.

Begitu sampai di klinik, nunggu beberapa saat, masuk ruang dokter.
Wajahnya mulai berubah…. Hehehe. Baru nyadar mungkin ya.
Ga papa Dihya, ayah mulai mengalihkan perhatian dengan nyetel video di HP.

Dokter mulai beraksi, suntik bius pertama…
Huaaa, nangis juga akhirnya.
Ga papa nangis aja, kata dokter.

Alhamdulillah berjalan lancar. Hanya saja obat bius cepat habis. Dan ternyata Abu Hanif lagi ga di rumah, jadi ga ada yang bawa mobil buat jemput nih…
Wah, padahal Dihya mulai nangis dan ga mau minum obat nya…

Alhamdulillah ada om Syarif yang bisa bawa mobil, setelah beberapa menit menunggu sampai juga mobilnya.

Pas waktu dhuhur sampai di rumah dengan tangisan yang lumayan kenceng.
Dikasih lego… Diam.

Hehehe, alhamdulillah Dihya sudah sunat.

Telat

image

Bangun pagi kesiangan, tapi ga pakai rewel, belum merasa khawatir kalau sampai di sekolah telat, itulah Asma…

Sukanya minta dikuncir rambut, pas mbah uti ke Bekasi senang banget ada yang senantiasa menguncir, Hehehe.

Kemarin juga begitu, yang lain sudah berangkat sekolah, jam 7 kurang seperempat, tapi Asma masih di rumah, sambil sarapan sambil koreksi pr, sambil dikuncir rambut nya.

Sampai di sekolah sudah telat, akhirnya disuruh berdiri di luar kelas dan ga boleh ikut pelajaran pertama, juga disuruh tulis surat Al Fatihah. Asma sih santai aja… Belum punya beban…Hehehe.

Tulisan Asma tergolong bagus untuk anak sebayanya, alhamdulillah. Dia juga mau disuruh beli nasi uduk untuk sarapan kakak dan abang nya, sementara dia ditinggal berangkat, ntar dia yang antar nasi uduk ke kelas kakak Fathimah dan abang Naufal.
Barakallahu fiik ya ibnatii.

Sore sore di meja kantor, 16/03/16

Sakit Demam

image

Bulan maret 2016 ini ada beberapa orang di sekitar rumah yang kena demam berdarah. Ada yang meninggal juga, cucu pak Rokib depan Al Hilal, kelas 2 SD. Semoga Allah menjadikan nya tabungan bagi orang tua yang ditinggalkan. Amin.

Beberapa hari lalu Naufal juga sempat panas, hari jumat ga masuk sekolah, hari sabtu nya masuk, tapi sabtu malam demam lagi.

Sabtu malam sempat jalan ke mushalla Nurul Iman bareng ayah, suasana agak gerimis jadi pakai payung. Qadarullah sampai di mushalla shalat sudah selesai, jadinya kita berdua pulang lagi, dan shalat jamaah di rumah.
Di perjalanan pulang dia nampak kedinginan, kemudian pas shalat mengeluh pusing kalau sujud.
Malam harinya tidur di samping ayah, karena demam jadi tidurnya mengigau. Tapi ayah sempat dengar di antara igauan nya, Naufal mengucapkan istighfar.
Astagfirullah… Astagfirullah. Semoga dia terbiasa dengan zikir sampai dewasa nanti. Amin.
Alhamdulillah besok nya suhu badan sudah tidak panas lagi, dan mulai membaik. Tadinya sempat mau diperiksa darah, khawatir dbd. Semoga tidak. Semoga Allah menyembuhkan dan menjadikan nya salah satu di antara ahli ilmu kaum muslimin.
Latihan Aikido nya semangat ya fal!

Sore di kantor, mendung di luar.
15/3/16

Hadiah Kuis

image

Awal Maret 2016 SD Al Hilal mengadakan acara ke taman lebah di Cileungsi.
Anak anak semangat banget bangun pagi…🙂. Ga pakai teriak teriak, sebelum subuh sudah bangun. Hehehe.
Jam 6 berangkat dari rumah dengan kendaraan roda empat (motor + motor), semua pasukan lengkap ikut, termasuk si kecil fahita…
Bunda nge bonceng Fathimah dan Naufal, Ayah bawa Asma dan Dihya, plus Aisyah Yusuf, karena abi nya lagi sakit, Qadarullah siang nya dirawat karena dbd.

Area kumpul di Pesona Metropolitan, sampai di sana sudah penuh anak anak. Ayah hanya nge-drop, terus langsung go ke kantor.

Di perjalanan, ada kuis di bis Fathimah, pertanyaan melanjutkan ayat… Alhamdulillah Fathimah jawab dan dapat hadiah dari pak Nandhirin, mushaf saku dan zikir pagi sore.

Barakallahu fiik ya ibnatii.
Semoga bermanfaat untuk murajaah.

Menunggu pulang kantor, 14 Maret 2016.